pai pupu taan tou, haka gahan taan ehan, taan gelekat lewo gewayan tana

Sabtu, 11 Juni 2016

Ki Hajar Dewantara mengatakan bahwa kebudayaan merupakan “buah budi  manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni  alam dan zaman (kodrat dan masyarakat) yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran di dalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagian yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai”.
Cita-cita luhur bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berdaulat yang jelas termaktub dalam Undang-Undang Dasar 1945 merupakan penegasan harapan akan eksistensi bangsa dan Negara di masa yang akan datang sebagai bangsa yang besar dan berjaya dalam suasana alam kebangsaan yang merdeka, berprikemanusiaan dan prikeadilan yang perlu termanifestasi dalam perkembangan paradigma dan tindakan setiap warga negaranya. Bangsa yang besar tentunya harus memiliki peradaban kebudayaan yang luhur sebagai alat pembangunan moralitas bangsa sehingga dapat di segani dan disejajarkan dengan bangsa-bangsa lain di dunia sebagai wujud penegasan kedaulatan negara.
Kebudayaan merupakan benteng pertahanan warisan peradaban dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dari pengaruh gerak zaman oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, baik dari dalam maupun luar negeri. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di tengah kuatnya arus globalisasi dan modernisasi justru mendepak degradasikan moralitas bangsa hingga berdomain  pada krisis multidimensi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, seperti himpitan perekonomian, meningkatnya angka kriminalitas, membudayanya praktek korupsi kolusi dan nepotisme, hilangnya rasa dan semangat nasionalisme serta dinamika kehidupan global mainan kaum kolonialis modern yang senantiasa berupaya melakukan ekspansi kekuasaan perekonomian dalam orientasi eksploitasi kekayaan alam hingga kesuluruh penjuru dunia.
Indonesia merupakan bangsa yang memiliki beraneka ragam warisan budaya dari berbagai suku bangsa yang tersebar di seluruh penjuru tanah air yang menjadi asalmuasal pancasila sebagai idiologi dan pandangan hidup bangsa yang dalam realitasnya terus memudar terkikis seiring waktu. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara hendaknya setiap warga negara mencerminkan idiologi dan pandangan hidup dalam setiap gerak hidupnya dalam kehidupan sosial bermasyarakat sehingga berefek pada peningkatan kualitas moral bangsa.
Degradasi moral bangsa sebagai akibat dari hilangnya roh idiologi bangsa dan kuatnya arus globalisasi dan modernisasi merupakan ancaman bagi bangsa Indonesia yang sesegera mungkin diantisipasi dan diatasi secara ektif oleh segenap elemen masyarakat, baik penyelengara negara maupun masyarakat pada umumnya sebagai jawaban tantangan kehidupan terhadap bumi persada nusantara yang menjadi tanah tumpah darah yang kaya akan limpahan alam, anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
Seni budaya daerah yang tersebar di seluruh persada nusantara merupakan salah satu alat yang memiliki keluhuran daya guna mempertahankan kebesaran bangunan peradaban dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang perlu di gali, di revitalisasi dan di lestarikan secara aktif berkelanjutan dari masa kemasa menuju pencapaian cita-cita bangsa yang terkandung luhur dalam empat pilar kebangsaan dalam berbangsa dan bertanah air Indonesia. 
Menyadari dalam kesadaran  jalanan akan bangunan kebudayaan sebagai benteng ketahanan dan pembentukan moralitas bangsa, maka pemuda, pelajar dan mahasiswa yang terhimpun dalam Forum Komunikasi Pemuda Pelajar Mahasiswa Boleng Tika Timu (FKPPM-BTT) Flores Timur - Makassar menggagas sebuah kegiatan Pentas Seni Budaya NTT, sebagai langkah awal penggalian dan pelestarian budaya bangsa.
Categories:


Kami yang terhimpun disini adalah orang orang yang punya potensi dan bukan hanya sekedar nama., kami adalah anak Lewotana yang siap berkontribusi ketika Lowetana membutuhkan kami. Contact me ketua umum

1 komentar:

  1. Terimakasih untuk sharing postingnya ya min.
    Postingannya sangat bermanfaat.
    Oh ya, sekedar informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Sewa Misty Fan Jakarta untuk keperluan berbagai acara seperti pernikahan, ulang tahun, atau event lainnya bisa coba hubungi kami Arthur Teknik.

    Salam Blogger.

    BalasHapus